Resep Membuat Nasi Tumpeng Khas Banten Lezat

Resep Membuat Nasi Tumpeng Khas Banten. Ragam bahasa dan tempat pariwisata di Provinsi Banten tak bisa dipandang sebelah mata lagi. Tapi, kurang lengkap rasanya bila kamu berkunjung ke Banten tanpa mencicipi. TV - Benoe tiba di Madiun malam hari terasa lapar menuntun saya untuk makan nasi pecel.

Nasi Tumpeng Khas Banten Nasi tumpang adalah makanan khas KEDIRI Jatim.. Dan Kediri juga bisa di namakan kota tahu. . . Pesanan Nasi Tumpeng dan Nasi Box Ibu Suci di Tangerang , Banten Kamu bisa membikin Nasi Tumpeng Khas Banten menggunakan 50 bahan dan cara membuat 15. Berikut ini adalah cara meresep dengan praktis.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Nasi Tumpeng Khas Banten

  1. Persiapkan dari Bahan A.
  2. Tambahkan 3 cup dari beras.
  3. Campurkan 5 cup dari air.
  4. Tambahkan 1 bks dari santan kara.
  5. Tambahkan 500 gram dari ayam potong.
  6. Persiapkan 1/4 butir dari kelapa parut.
  7. Tambahkan dari Bahan B (bumbu nasi congcot) :.
  8. Tambahkan 1 ruas dari kunyit.
  9. Tambahkan 1/2 ruas dari jahe.
  10. Campurkan 5 siung dari bawang merah.
  11. Tambahkan 3 siung dari bawang putih.
  12. Tambahkan 1 sdt dari ketumbar bubuk.
  13. Tambahkan 1/2 sdt dari jinten.
  14. Persiapkan 1/4 sdt dari kayu manis bubuk.
  15. Tambahkan 1/4 sdt dari merica bubuk.
  16. Persiapkan Secukupnya dari garam, gula, dan kaldu ayam.
  17. Campurkan dari Bahan C (bumbu utuh) :.
  18. Campurkan 2 lembar dari daun salam.
  19. Tambahkan 2 lembar dari daun jeruk.
  20. Tambahkan 2 batang dari sereh.
  21. Campurkan 2 buah dari kapulaga.
  22. Tambahkan 5 butir dari cengkeh.
  23. Persiapkan dari Bahan D (bumbu ungkepan ayam) :.
  24. Campurkan 1 sdt dari ketumbar bubuk.
  25. Tambahkan 1/2 sdt dari kunyit bubuk.
  26. Persiapkan 2 siung dari bawang putih, haluskan.
  27. Campurkan 1/4 sdt dari merica bubuk.
  28. Persiapkan 1 lembar dari daun salam.
  29. Campurkan 1 ruas dari lengkuas, geprek.
  30. Campurkan Secukupnya dari garam dan kaldu ayam.
  31. Tambahkan dari Bahan E (bahan urap) :.
  32. Persiapkan 1 ikat dari kacang panjang.
  33. Campurkan 200 gram dari taoge.
  34. Campurkan 100 gram dari teri jengki.
  35. Campurkan 1/4 butir dari kelapa parut.
  36. Campurkan dari Bahan F (bumbu urap) :.
  37. Campurkan 1 ruas dari kencur.
  38. Tambahkan 2 siung dari bawang putih.
  39. Campurkan 3 siung dari bawang merah.
  40. Campurkan 5 buah dari cabai keriting.
  41. Campurkan 2 lembar dari daun jeruk.
  42. Tambahkan 1 sdm dari gula merah.
  43. Campurkan 1/4 sdt dari terasi bakar.
  44. Campurkan 1/2 cup dari air asam jawa.
  45. Tambahkan Secukupnya dari garam dan kaldu bubuk.
  46. Campurkan dari Bahan G (bahan pelengkap) :.
  47. Campurkan 2 buah dari timun.
  48. Campurkan 2 butir dari telur rebus.
  49. Campurkan 1 buah dari tomat.
  50. Campurkan Secukupnya dari cabai rawit.

Inibaru.id - Sego Gudang memang telah menjadi makanan khas Kabupaten Klaten. Namun, jangan salah, kabupaten ini masih punya kuliner andalan lainnya yang nggak kalah enak, yakni Nasi Tumpang Lethok. Nasi pecel merupakan salah satu makanan khas Provinsi Jawa Timur yang paling gampang dicari. Namun di Kediri, Jawa Timur, nasi pecel biasanya menggunakan sambal tumpang.

Cara Cara Membuat Nasi Tumpeng Khas Banten

  1. Buat serundeng halus : sangrai kelapa parut, masak dengan api kecil sambil diaduk supaya tidak gosong, tambahkan garam, masak sampai kering dan kecoklatan..
  2. Kemudian haluskan serundeng dengan cara diulek. Sisihkan untuk bumbu ayam dan taburan nasi congcot..
  3. Ungkep ayam bersama bumbu ungkepan (bahan D), sampai ayam empuk. Setelah matang ambil sebagian ayam bagian dada untuk dicampur dengan nasi, sebagian lagi digoreng sebentar supaya tidak terlalu lembek..
  4. Ulek bumbu nasi congcot (bahan B) sampai halus, kemudian bagi dua, sebagian untuk dicampur dengan nasi dan sebagian lagi untuk bumbu ayam serundeng..
  5. Cincang dada ayam, tumis sebagian bumbu halus (bahan B), tambahkan 1/3 cup air, masukkan bumbu utuh (bahan C) dan ayam cincang. Tambahkan garam dan kaldu ayam, masak sampai air menyusut..
  6. Cuci beras, tambahkan air, santan dan tumisan ayam bersama bumbu. Cek rasa, kalau sudah pas masukkan kedalam magic com..
  7. Tekan tombol cook, setelah 15 menit aduk2 supaya matangnya, merata, tutup lagi kemudian setelah pindah ke tombol warm aduk lagi sebentar, lalu tutup kembali dan biarkan sampai matang sempurna..
  8. Membuat ayam bumbu serundeng : tumis sisa bumbu halus (bahan B), tambahkan 10 ml air, aduk2 tambahkan gula dan kaldu ayam, masukkan ayam goreng, aduk sampai bumbu meresap, kemudian tambahkan 2 sdm serundeng halus, aduk sebentar lalu angkat..
  9. Membuat urap : rebus tauge dan kacang panjang kedalam air mendidih, angkat lalu tiriskan. Goreng teri sampai kering, sisihkan. Ini yang membuat khas dari urap sunda ada tambahan ikan terinya, bisa juga diganti dengan ikan asin yang lain semisal udang rebon..
  10. Bumbu urap : ulek bumbu (bahan F), kemudian tumis bumbu halus, tambahkan daun jeruk dan air asam jawa, beri garam dan kaldu ayam, masukkan kelapa parut, masak sambil terus diaduk sampai kesat..
  11. Menghias tumpeng : siapkan wadah, beri alas daun pisang, karena gak ada saya ganti dengan kertas nasi, ambil nasi cetak dengan mangkuk, saya gak punya cetakan kerucut jadi saya pakai plastik segitiga untuk membuat kerucutnya. Tetep bisa kok, hehe, keterbatasan alat bukan hambatan untuk tetap berkarya..
  12. Tutupi sambungan ditengah dengan kacang panjang yang dikepang. Kemudian tata bahan pelengkap lain diwadah. Jangan lupa taburi dengan serundeng halus..
  13. Saya hias dengan bahan2 seadanya, kurang ada sayuran hijaunya, lupa gak beli daun selada, hehe..
  14. Ini penampakkan dari dekat, siap dihidangkan bersama keluarga tercinta 😍😍..
  15. Lupa gak difoto pas dipindah ke piring, soalnya udah keburu laper jadi langsung dilahapπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Perpaduan nasi serundeng ayam dan urap sayur ditambah teri, maknyusss bangetπŸ‘Œ, saya gak bikin sambal karena urapnya udah dibikin pedes..

Makanan khas Klaten paling enak itu berada di Restoran Chinese Food, terkenal dengan kelezatannya. Makanan khas Klaten yang murah ini bisa. Manakah yang lebih anda sukai, makanan khas nusantara atau makanan dari luar negeri?mohon share juga alasannya ya Ya, inilah nasi tumpeng yang terkenal dengan penampilannya yang mampu menarik perhatian. Hiasan yang melengkapi penampilan nasi tumpeng terdiri mulai dari sayuran segar serta makanan Berkreasi dengan masakan khas Nusantara adalah kesukaanku. Jakarta Nasi Tumpeng Catering Nasi Tumpeng Terbaik di Jakarta dengan Rasa yang lezat dan Tampilan yang menarik, Cocok untuk Acara Selamatan, Ulang Tahun, dan acara lainnya. Demikian lah tutorial Resep Membuat Nasi Tumpeng Khas Banten.