Resep Membuat Sate Bandeng Banten Anti Ribet

Resep Membuat Sate Bandeng Banten. Sate Bandeng adalah masakan tradisional khas Banten, Indonesia. Sate Bandeng dibuat dari ikan bandeng yang dihilangkan durinya, dagingnya dibumbui dan dimasukkan kembali ke kulitnya, lalu ditusuk atau dijepit tusukan tangkai bambu, lalu dibakar di atas bara arang. Hus liat dulu dong cara membuatnya.

Sate Bandeng Banten Namun sate ini berbeda dengan kebanyakan, salah satu wirausaha yang bertempat tinggal di ibukota Banten, Cepi Awaludin tidak hanya menawarkan Sate Bandeng yang mengolah Ikan. Sate Bandeng adalah makanan khas dari Banten, kalau kamu berkunjung ke Serang, jangan lupa bawa oleh-oleh sate bandeng ini yaaaa. Mulanya sate bandeng dibuat untuk sajian kepada raja-raja di Banten, karena ikan bandeng terkenal mempunyai banyak duri, maka koki kerajaan membuat sate bandeng, yaitu makanan olahan dari ikan bandeng tanpa duri. Kamu bisa membikin Sate Bandeng Banten menggunakan 13 bahan dan cara membuat 9. Berikut ini adalah cara meresep nya.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Sate Bandeng Banten

  1. Tambahkan 2 ekor dari ikan bandeng.
  2. Campurkan 1 ikat dari daun pisang.
  3. Campurkan dari Bahan Isian.
  4. Campurkan dari Daging ikan bandeng.
  5. Campurkan 1 dari paha ayam.
  6. Persiapkan 1 butir dari telur.
  7. Tambahkan 1 sdm dari bawang merah goreng.
  8. Tambahkan 1,5 sdt dari garam.
  9. Tambahkan 1 sdt dari gula pasir.
  10. Campurkan 1 sdt dari bawang putih bubuk.
  11. Tambahkan 1/2 sdt dari ketumbar bubuk.
  12. Campurkan 1/2 sdt dari lada bubuk.
  13. Campurkan 1/2 sdt dari kaldu bubuk.

Sate Bandeng Ibu Amenah Banten [image source] Tak jauh berbeda dengan Kang Agus, Ibu Amenah juga menjajakan Sate Bandeng buatannya di media online. Selain bumbunya yang meresap hingga bagian terdalam, tak ada duri yang tersisa di daging bandengnya. Sate bandeng Khas banten ini salah satu kuliner yang wajib untuk dinikmati. Rasa gurih daging bandeng yang diolah menggunakan santan kelapa yang dipadukan dengan sangrai biji ketumbar sungguh membuat Sate Bandeng Khas Banten ini semakin nikmat dan gurih di lidah penikmatnya.

Langkah Langkah Membuat Sate Bandeng Banten

  1. Keluarkan insang dan organ dalam ikan bandeng, lalu pukul² tubuhnya dg gagang pisau hingga empuk. Patahkan duri ekornya..
  2. Dari leher keluarkan perlahan daging dan duri tengah ikannya (kalo aku, balik kulitnya ke arah luar lalu kerok dagingnya). Kepala ikan jangan putus ya... Proses ini memang butuh kesabaran apalagi yg belum pernah, kalo udah pernah sekali aja ngebalik kulitnya insyaalloh gampang seterusnya. Sisihkan kulitnya..
  3. Masukkan daging ikan ke teflon lalu masak tanpa minyak hingga berubah warna. Proses ini dilakukan untuk memudahkan mengambil duri² kecilnya. Butuh kesabaran lagi 😂.. Sate Bandeng Banten
  4. Sebagai tambahan bagian dalam, aku tambahkan daging ayam. Yg ada di freezer tinggal 1 biji paha ayam, manfaatin lah hahaha... Ambil daging ayamnya buang kulitnya lalu masukkan ke dalam chopper beserta daging ikan dan bumbu². Haluskan..
  5. Bumbu²nya dihaluskan barengan ke dalam chopper bisa ya....
  6. Masukkan adonan daging ikan ke dalam kulit ikan hingga memenuhi rongga tubuhnya. Bungkus dg daun pisang. Sematkan kedua ujungnya dg lidi. Hhhh daun pisangnya pun harus cari keluar dulu pas tengah² bikin, muter ke banyak warung krn ga ada itu pun ada sisa beberapa hari yg lalu...Alhamdulillah masih dapet 😁..
  7. Kukus selama 30 menit..
  8. Setelah itu bakar. Lebih enak bakar di arang nih, males ngeluarin arangnya jadi pake happycall aja. Tadinya bakarnya masih dibungkus daun pisang, eh lama krn ketebelan akhirnya buka aja bungkusnya hihihi...
  9. Jangan lupa sajikan dg sambal. Aku bikin sambal kecap aja yg praktis..

Sate Bandeng adalah masakan tradisional khas Banten, Indonesia. Sate Bandeng dibuat dari ikan bandeng (Chanos chanos; bahasa Indonesia: ikan Bandeng) yang dihilangkan durinya, dagingnya dibumbui dan dimasukkan kembali ke kulitnya, lalu ditusuk atau dijepit tusukan tangkai bambu, lalu dibakar di atas bara arang. Referensi Sate ikan hanya ada di beberapa daerah saja khususnya Serang, Banten. Raja yang memimpin kerajaan ingin mengonsumsi ikan yang konon sangat nikmat dan lembut. Ikan ini dikenal memiliki banyak manfaat dan mudah didapatkan karena nelayan kawasan pesisir Serang sering menangkapnya. Demikian lah tutorial Resep Membuat Sate Bandeng Banten.